2009年8月30日日曜日

Lonely Week End

Sebenarnya ini bukan kali pertama suami meninggalkan rumah beberapa malam. Sejak kami menikah, dia beberapa kali harus bermalam di luar kota bahkan luar negri untuk urusan penelitian (ketika masih kuliah pascasarjana), pentas kesenian atau pekerjaan. Tapi tetap saja hari terasa panjang dan membosankan tanpa mantan pacar. Apalagi biasanya kami selalu mengunakan week end sebagai acara keluarga. Ini sangat menyenangkan, karena ayah anak-anak selalu membawa kami pergi keluar. Tentu saja ini menjadi refreshing time yang sangat berharga, untuk membuang kepenatan mengasuh 2 anak dan mengurus rumah tangga selama seminggu.

Jumat kemarin dia pamit untuk ke Tokyo selama 2 hari 2 malam.  Kepergiannya atas undangan teman-teman dari KBRI untuk pentas kesenian di 2 tempat berbeda selama 2 hari (Sabtu dan Minggu). Dia akan memainkan kendang bersama seorang pemain lain memainkan Rampak Kendang. Ini adalah kesenian asli daerah Jawa Barat. Kalau aku ingat kembali ini pentas pertamanya setelah lulus pascasarjana. Berarti sudah 2 tahun lebih dia kembali tampil di atas panggung.

Malam ini dia akan kembali. Bahkan tinggal hitungan beberapa jam lagi. Aku sudah merindukannya (harap jangan mentertawakan aku ya :D). Anak-anak pun begitu. Tadi siang Hiro sudah mulai menangis mencari papanya.

*********

Kendang Sunda

Ini foto-foto ketika kami masih tinggal di Shizuoka. Selama itu permintaan untuk memainkan kendang Sunda datang hampir setiap saat. Baik untuk acara kampus maupun acara pertukaran kebudayaan di kota Shizuoka. Apalagi suami bergabung di Perkumpulan Pertukaran Kebudayaan milik Pemda setempat, ini membuat kesenian Indonesia dikenal oleh penduduk Shizuoka.

Pencak Silat

Selama ini orang menghubungkan kendang dengan dangdut. Walaupun pada masa kini, mulai banyak musik dangdut yang berkolaborasi dengan kendang tradisional sebagai instrumennya, sebenarnya kesenian Sunda tidak sama dengan dangdut. Kendang biasanya dipakai untuk jaipong dan pencak silat.

3 件のコメント:

J.H さんのコメント...

ck..ck..ck, ga sangka suami elo hebat juga ya nat! Dia orang mana sih? udah bisa maen kendang dari di indonesia yah?

Natasha de Bell さんのコメント...

dia orang sunda, jes. keluarganya seniman semua, makanya darah kesenian sunda mengalir di tubuhnya :)

J.H さんのコメント...

sundanese christian? now... that's rare!!! :D